BPJS Ketenagakerjaan Naikkan Capex IT 20%

BPJS Ketenagakerjaan Naikkan Capex IT 20%

Jakarta–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) tingkatkan porsi anggaran belanja untuk teknologi informasi (IT) 20% pada tahun 2016 ini menjadi Rp120 miliar, dari tahun sebelumnya Rp100 miliar.

Pengembangan IT dikatakan Kepala Divisi Pengembangan IT BPJS Ketenagakerjaan, Romie Erfianto merupakan wujud dari langkah BPJS TK untuk memberikan transparansi ke para peserta.

BPJS TK dalam pengembangan IT, menurutnya menggunakan seluruh kanal. Di antaranya melalui smartphone berbasis Android, Ios, dan Blackberry.

“Pengembangan mobile application seiring berkembangnya zaman mutlak diperlukan. Di aplikasi ini, peserta bisa mengecek apakah pembayaran dari pemberi kerja tepat waktu dan tepat jumlah. Peserta juga bisa memantau hasil pengembangan dananya. Jadi, unsur transparansi bisa diketahui semua pihak, terutama peserta. Selama ini, banyak karyawan yang tak pernah tahu haknya, bahkan cenderung diabaikan, dianggap uang hilang,” kata Romie dalam diskusi Membedah Sistem IT BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Kamis, 4 Febuari 2016.

Romie menambahkan, BPJS TK juga sedang mengembangkan fitur manfaat yang diharapkan bisa selesai tahun ini. Misalnya saja, peserta bisa melihat status dari klaimnya dan simulasi pensiun.

“Apalagi sekarang 10%-30% dana bisa dipinjam untuk pembayaran rumah,” katanya.

Di acara yang sama, Ketua Pusat Kajian Jaminan Sosial Nasional (PKJSN) Ridwan Max Sijabat mengatakan, dalam era globalisasi seperti saat ini sulit membayangkan jika ada satu lembaga besar seperti BPJS Ketenagakerjaan yang notabene mirip sistem perbankan atau lembaga finansial, tapi tidak  didukung oleh sistem IT yang sangat dibutuhkan.

“Tidak mungkin kita selenggarakan jaminan sosial, pelayanan finansial lewat lembaga keuangan besar tanpa dukungan IT yang penuh,” ungkapnya. (*) Dwitya Putra

Related Posts

News Update

Top News