Bisnis Internasional BNI Sumbang Laba Rp1,2 Triliun

Bisnis Internasional BNI Sumbang Laba Rp1,2 Triliun

Jakarta–PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mencatat kontribusi bisnis internasional yang cukup signifikan terhadap pembentukan laba korporasi. Tidak tanggung-tanggung, sumbangan bisnis internasional untuk laba sebelum pajak mencapai Rp1,2 triliun.

“Laba sebelum pajak yang diperoleh dari berbagai layanan yang kami berikan pada transaksi-transaksi internasional mencapai lebih dari Rp1,2 triliun, melampaui targetnya,” ujar Direktur Tresuri & Internasional BNI, Panji Irawan di Jakarta, Kamis, 14 September 2017.

Per Juni 2017, raihan laba sebelum pajak perseroan sebesar Rp8,06 triliun, tumbuh 46,6 persen secara setahunan dari Rp5,5 triliun. Sementara laba bersih naik 46,7 persen dari Rp4,37 triliun menjadi Rp6,41 triliun.

Berkaitan dengan kinerja tersebut, BNI dinobatkan sebagai bank dengan Divisi Internasional terbaik se-Asia Tenggara oleh majalah Alpha Southeast Asia. Pelayanan yang diberikan BNI kepada nasabah warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, ekspatriat yang bekerja di Indonesia, hingga diaspora yang berkepentingan dengan Indonesia telah menjadi bagian dari penilaian utamanya.

Beberapa layanan terbaik yang diberikan BNI untuk menopang kebutuhan para pelaku usaha dalam transaksi internasional antara lain adalah Remittance, Trustee, Custody, Trade Finance, jaringan kantor Cabang luar negeri dan B2B Financing.

Ketujuh jenis layanan ini merupakan unit-unit bisnis dengan kontribusi terbesar pada pelayanan kepada nasabah di Divisi Internasional BNI.

Setiap produk yang disiapkan BNI untuk melayani nasabah pada transaksi-transaksi internasional tersebut ditopang oleh dukungan jaringan kantor cabang yang terbesar dimiliki oleh bank nasional asal Indonesia. Saat ini, BNI memiliki kantor di Singapura, Hong Kong, Tokyo – Jepang, Osaka – Jepang, Seoul – Korea Selatan, New York – Amerika Serikat, London – Inggris, dan Yangon – Myanmar.

Prestasi ini sendiri didapatkan untuk keempat kalinya secara berturut-turut sejak 2014. Pada saat yang sama, BNI kembali menjadi bank dengan layanan Trade Finance terbaik di Indonesia untuk yang ketujuh kalinya secara berturut-turut.

Setiap tahunnya media bisnis perbankan Alpha South East Asia yang berbasis di Hong Kong mengadakan kompetisi financial institution di negara-negara kawasan Asia Tenggara yaitu, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Myanmar.

Kompetisi yang sudah berjalan selama 10 tahun ini memberikan award kepada lembaga-lembaga keuangan untuk beberapa kategori di masing-masing negara. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

76 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.