Bidik Institusi Pemerintah, BTN Gandeng Kemendesa

Bidik Institusi Pemerintah, BTN Gandeng Kemendesa

Kerja sama dengan Kemendesa dinilai manajemen BTN akan sangat bermanfaat dalam memperluas akses kredit perumahan kepada masyarakat. Paulus Yoga

Jakarta–Dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN/BBTN) saat ini menyasar ke berbagai instansi pemerintah dan swasta.

Seperti yang terealisasi bersama Kemendesa, Bank BTN menggali kerja sama layanan perbakan, termasuk di dalamnya pemberian fasilitas kredit perumahan kepada pegawai di lingkungan Kemendesa.

Selain itu, menurut Direktur Utama Bank BTN Maryono, langkah ini ditempuh karena target pertumbuhan kredit yang cukup tinggi tahun 2015 yang dipatok diatas rata-rata industri.

“Kami mengajak Kemendesa dalam hal pengelolaan dana dan pemberian jasa layanan perbankan di lingkungan Kemendesa,” kata Maryono, usai menandatangani kerja sama dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia,¬†Marwan Ja’far di Gedung BTN, Jakarta, Senin, 14 September 2015.

Maryono mengakui, ini adalah langkah awal yang dibangun oleh perseroan bersama Kemendesa. Setidaknya, secara bisnis terdapat dua potensi pengembangan dana dan kredit jika itu dilihat untuk kepentingan Bank BTN. Dana Desa yang disiapkan pemerintah lebih dari R 7 triliun tahun 2015, jika sebagian ditempatkan di Bank BTN akan memperbaiki struktur pendanaan korporasi.

“Inklusi keuangan melalui program laku pandai dapat dikembangkan di desa-desa yang masuk dalam program pengembangan Kemendesa. Sementara itu, kita dapat memberikan fasilitas kredit di lingkungan Kemendesa dan ini akan meningkatkan penyaluran kredit BTN,” jelas Maryono.

Ke depan, kata Maryono, perusahaan akan kembangkan kerjasam lanjutan bagaimana Bank BTN dapat berperan serta dalam pengembangan desa tertinggal dan program transmigrasi. Program Kemendesa dalam perluasan 1 juta hektar lahan sawah baru dan perluasan 1 juta hektar pertanian lahan kering di luar Jawa dan Bali juga perlu didukung perbankan.

“Itu sesuai dengan profil bisnis Bank BTN, kami bisa dan akan memberikan dukungan itu,” tegasnya.

Maryono menambahkan, pada prinsipnya perseroan dapat mendukung program Kemendesa. Banyak hal yang dapat dikembangkan untuk bagaimana Bank BTN ikut berperan di dalam mengentaskan kemiskinan, membuat rakyat sejahtera melalui program yang sedang dijalankan oleh Kemendesa dalam membuat masyarakat khususnya di daerah pedesaan dan transmigrasi hidup lebih lebih baik dan sejahtera. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.