BI Tahan BI 7-day Repo Rate 4,75%

BI Tahan BI 7-day Repo Rate 4,75%

Jakarta–Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG-BI) pada 14-15 Juni 2017 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 4,75 persen, dengan suku bunga Deposit Facility dan Lending Facility masing-masing sebesar 4 persen dan 5,5 persen, berlaku efektif sejak 16 Juni 2017.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara di Jakarta, Kamis, 15 Mei 2017 mengatakan, keputusan BI tersebut konsisten dengan upaya Bank Sentral dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dengan tetap mendorong proses pemulihan perekonomian domestik.

Menurutnya, bank sentral tetap mewaspadai sejumlah risiko, baik yang bersumber dari global maupun domestik. Dari sisi global, kata dia, terkait dengan perkembangan kebijakan di AS seperti rencana The Fed untuk mengurangi balance sheet-nya, merupakan sejumlah risiko yang perlu tetap diwaspadai.

“Dari sisi domestik, beberapa risiko yang tetap perlu diwaspadai adalah dampak penyesuaian administered prices terhadap inflasi serta berlanjutnya konsolidasi korporasi dan perbankan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Tirta, BI terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. BI juga terus mempererat koordinasi bersama Pemerintah dalam rangka pengendalian inflasi agar tetap berada pada kisaran sasaran.

“Dan mendorong kelanjutan reformasi struktural agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan,” ucap Tirta. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News