BI Perkirakan Defisit Transaksi Berjalan Kuartal II Melebar ke 2%

BI Perkirakan Defisit Transaksi Berjalan Kuartal II Melebar ke 2%

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan, defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) pada kuartal II 2017 akan berada pada kisaran 2 persen atau meningkat bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yakni 0,99 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Gubernur BI Agus DW Martowardojo, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin, 10 Juli 2017. Angka defisit transaksi berjalan di kuartal II 2017 yang diprediksi 2 persen dari PDB itu lebih rendah dibandingkan kuartal II 2016 yang sebesar 2,2 persen dari PDB

“Kalau di kuartal I itukan 0,99 persen, nah di kuartal II ini kira-kira angkanya 2 persen,” ujarnya.

Dengan defisit transaksi berjalan di kuartal II yang diprediksi sebesar 2 persen dari PDB tersebut, kata dia, maka defisit transaksi berjalan di sepanjang tahun ini akan dijaga dibawah 1,9 persen atau tidak berbeda jauh bila dibandingkan dengan akhir 2016 yang sebesar 1,8 persen dari PDB.

Sebagai informasi, pada kuartal I 2017 defisit transaksi berjalan mencapai US$2,4 miliar atau 1 persen dari PDB. Angka tersebut naik bila dibandingkan dengan US$2,1 miliar atau 0,9 persen dari PDB pada kuartal IV 2016.

Peningkatan defisit transaksi berjalan pada kuartal I 2017 terutama akibat naiknya defisit neraca perdagangan migas dan pendapatan primer. Peningkatan defisit neraca perdagangan migas dipengaruhi naiknya harga minyak dunia di tengah penurunan lifting minyak.

Adapun kenaikan defisit neraca pendapatan primer mengikuti jadwal pembayaran bunga surat utang pemerintah yang lebih tinggi dan meningkatnya pembayaran pendapatan investasi langsung.

Peningkatan defisit transaksi berjalan lebih lanjut tertahan kenaikan surplus neraca perdagangan nonmigas yang ditopang meningkatnya ekspor nonmigas. Hal ini sejalan dengan berlanjutnya kenaikan harga komoditas dan menurunnya defisit neraca jasa terutama karena naiknya surplus jasa perjalanan.‎ (*)

32 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.