BI: Juli 2015 Keyakinan Konsumen Melemah

BI: Juli 2015 Keyakinan Konsumen Melemah

Indeks Kondisi Ekonomi dan Indeks Ekspektasi Konsumen yang menurun sebesar 1,5 poin dari bulan sebelumnya, telah mendorong penurunan Indeks Keyakinan Konsumen Juli 2015 sebesar 1,4 poin dari bulan Juni 2015. Rezkiana Nisaputra

Jakarta–Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa, tingkat keyakinan konsumen pada Juli 2015 melemah dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2015 sebesar 109,9, turun 1,4 poin dari bulan sebelumnya.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, pelemahan IKK tersebut didorong oleh penurunan pada kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang masing-masing turun sebesar 1,5 poin dari bulan sebelumnya.

Selain itu, kata Tirta, hasil survei juga mengindikasikan, bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga semakin menurun pada Oktober 2015. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang turun 17,6 poin dari bulan sebelumnya menjadi 144,4.

“Penurunan tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada semua kelompok komoditas, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau,” ujar Tirta di Jakarta, Selasa, 4 Agustus 2015

Sejalan dengan melemahnya ekspektasi penghasilan, responden memperkirakan peningkatan jumlah tabungan tidak setinggi bulan sebelumnya. “Ini terindikasi dari indeks perkiraan jumlah tabungan 6 bulan mendatang (Januari 2016) yang tercatat turun 3,3 poin dari bulan sebelumnya menjadi 123,6,” tutupnya. (*)

@rezki_saputra

Related Posts

News Update

Top News