BI: Hingga Minggu Ketiga Inflasi Juni 0,53%

BI: Hingga Minggu Ketiga Inflasi Juni 0,53%

JakartaРBerdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) hingga minggu ketiga di bulan Juni 2019 menunjukkan Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi sebesar 0,53 persen secara month to month (mtm).

Gubernur BI Perry Warjiyo di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Jakarta, Jumat, 21 Juni 2019 mengatakan, angka tersebut tidak berbeda jauh dengan angka inflasi di bulan sebelumnya. Sebab di bulan Juni masih berdampak dari Hari Raya Idul Fitri.

“Pemantauan kami survei pemantauan harga sampai Minggu ketiga kami perkirakan pada Juni ini inflasinya turun menjadi 0,53 month to month ya. Kalau year on year-nya 3,26 persen,” jelas Perry.

Lebih lanjut Perry mengungkapkan, bahwa pada minggu ketiga Juni ini pergerakan harga yang terlihat naik terjadi pada tarif angkutan umum darat baik antar kota dan daerah, komodias cabe merah, dan daging ayam.

“Tapi kalau lihat bawang putih, bawang putih sudah menurun ya tempo hari sekarang sudah turun ya,” tambah Perry.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Mei 2019 sebesar 0,68% (month to month/mtm). Inflasi ini tinggi dari tingkat inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 0,44% mtm.

Peningkatan inflasi didorong kenaikan harga pada komoditas kelompok bahan makanan, kelompok makanan jadi, hingga kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan. Hal ini seiring dengan meningkatnya permintaan di bulan Ramadan. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.