BI Goes To Campus, Meningkatkan Peluang E-Commerce

BI Goes To Campus, Meningkatkan Peluang E-Commerce

Makasar–Sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), Bank Indonesia gelar BI Goes To Campus. Kegiatan yang  mengusung tema “Scale Up Dengan E-Commerce” yang diselenggarakan di Universitas Negeri Makasar ini bertujuan untuk meningkatkan peluang e-commerce.

Pungki Wibowo, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, mengatakan, GNNT sangat penting dalam setiap transaksi karena langsung tercatat dalam sistem pembayaran resmi.

Dia melanjutkan, kemudahan GNNT juga cocok untuk diterapkan oleh pegiat e-commerce dalam mendorong peluang e-commerce di Indonesia. Pasalnya, pembelanjaan secara daring akan lebih cepat jika pembayarannya dilakukan secara nontunai. (Baca juga: Transfer Bank Dominasi Pembayaran E-Commerce)

Setyo Harsoyo, Head of External Relation Division Asosiasi e-commerce Indonesia, mengatakan GNNT adalah akselerator pertumbuhan e-commerce. Saat ini, porsi COD masih lebih besar dari pembayaran nontunai.

“Untuk pembayaran nontunai masih kecil, 30-40% masih dipegang oleh COD. Kalau menggunakan transfer masih agak merepotkan karena masih perlu konfirmasi,” jelasnya pada acara Talkshow BI Goes To Campus.

Dia melanjutkan, transaksi e-commerce akan mencapai USD130 juta pada tahun 2020. Nilai tersebut setara dengan 14% dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional. (Baca juga: Pasar E-Commerce Indonesia Terbesar ke-6 di Dunia)

Menurut Setyo, beberapa syarat untuk menumbuhkan e-commerce adalah kemudahan registrasi, isi ulang yang mudah dari multi bank, kemudahan pemakaian, dan harus aman.

“Syarat-syarat tadi masih belum bisa dilakukan saat ini. Kalau itu sudah terjadi, pasti pertumbuhan e-commerce bisa lebih pesat dari sekarang,” pungkasnya. (*) Indra Haryono

 

 

Editor: Paulus Yog

72 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.