BI: Defisit Transaksi Berjalan 3% Masih Aman

BI: Defisit Transaksi Berjalan 3% Masih Aman

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengaku belum begitu khawatir terhadap meningkatnya angka defisit transaksi berjalan. Sebab, BI menilai meningkatnya defisit transaksi berjalan akibat dari peningkatan aktivitas ekonomi domestik.

“Peningkatan defisit transaksi berjalan dipengaruhi oleh tingginya kenaikan impor baik bahan baku, barang modal dan barang konsumsi sejalan dengan meningkatnya aktivitas ekonomi domestik, yang melebihi dari kenaikan ekspor,” kata Perry di Kompleks BI Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018.

Ke depan, Perry menyebut kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) diperkirakan akan tetap baik dengan defisit transaksi berjalan yang dalam batas yang aman dan dapat menopang ketahanan sektor eksternal.

Baca juga: Triwulan II Defisit Transaksi Berjalan Bengkak 3% PDB

Perry menambahkan, pihaknya juga terus melakukan pengendalian sisi permintaan termasuk melalui kebijakan moneter, penurunan defisit transaksi berjalan juga didukung oleh langkah-langkah Pemerintah dalam mendorong ekspor dan pariwisata serta untuk mengendalikan impor, termasuk penundaan proyek-proyek yang mempunyai kandungan impor yang tinggi.

Sebagai informasi, BI mencatat defisit transaksi berjalan meningkat pada triwulan II 2018. Defisit transaksi berjalan tercatat 8,0 miliar dolar AS (3,0% PDB) pada triwulan II 2018, lebih tinggi dibandingkan dengan defisit triwulan sebelumnya sebesar 5,7 miliar dolar AS (2,2% PDB). (*)

Related Posts

News Update

Top News