Berkunjung ke Indonesia, Pemerintah Suriname Pelajari Sistem Keuangan

Berkunjung ke Indonesia, Pemerintah Suriname Pelajari Sistem Keuangan

Jakarta – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memfasilitasi kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan perwakilan pemerintah Delegasi Suriname yang datang pada hari ini (4/6).

Deputi Kementerian PPN/Bappenas Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Pungki Sumadi mengatakan, delegasi pemerintahan Suriname datang berkunjung ke Indonesia guna belajar sistem keuangan yang telah diterapkan di Indonesia.

“Yang ingin dipelajari mereka ialah tentang asuransi syariah kita, inseminasi sapi, investasi di bank syariah, membuat aturan perbankan syariah Konvensional dan satu lagi mengenai penjaminan simpanan untuk perumahan dan itu 5 hal penting mereka belajar dari kita,” kata Pungki di Kantor Bappenas Jakarta, Senin 4 Juni 2018.

Baca juga: George Soros Khawatirkan Krisis Keuangan Baru

Tak hanya itu, kunjungan delegasi tersebut juga untuk menjajaki kerjasama bilateral ekonomi antar kedua negara yang sudah berlangsung lama.

“Sebetulnya selama 43 tahun lebih banyak diwarnai kerjasama dari kebudayaan dan sudah waktunya membangun hubungan konteks bisnis. Selama tiga tahun juga kita membawa rombongan dari Suriname,” jelas Duta Besar RI untuk Suriname, Dominicus Supratikto.

Dominicus berharap, kerjasama yang terus terjalin akan semakin memperkuat kerjasama bilateral kedua negara. Terutama pada sistem perekonomian dan segmen pertanian.

“Mereka mewakili dari dunia pertanian organik dan perbankan datang untuk belajar. Tapi dilihat adalah sistemnya, misal Indonesia kuat ritel Banking dan sebagainya,” tukas Dominicus.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.