Berkraf Nilai Potensi Pasar Mobile Game di Indonesia Besar

Berkraf Nilai Potensi Pasar Mobile Game di Indonesia Besar

Manado–Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang tidak ada habisnya dan terus mengalami perkembangan tanpa batas. Perkembangan teknologi ini mendorong munculnya pelaku usaha berbasis teknologi atau startup, tak terkecuali untuk pengembang aplikasi dan game.

Semakin mudahnya akses internet menciptakan pasar bagi industri aplikasi dan game, yang dalam hal ini tergolong sebagai ekonomi kreatif. Kehadiran smartphone semakin memperbesar peluang bisnis bagi para pelaku usaha aplikasi dan game. Khusus untuk game, tercatat pada 2014 industri game di Indonesia bernilai Rp2,3 triliun dan setiap tahun terdapat 100 game baru dibuat oleh para pengembang permainan tersebut. Pada 2015 pendapatan pasar game di Indonesia diestimasi mencapai USD321 juta.

Baca juga: Berharap Pertumbuhan dari Ekonomi Kreatif

Perkembangan teknologi aplikasi, game, dan web inilah yang harus diikuti oleh bangsa yang memiliki pasar yang tinggi dalam industri game dan aplikasi digital. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pun melihat potensi tersebut bisa dikembangkan di ekonomi kreatif.

“Kami melihat ini menarik. Perlu dikaji lebih jauh bahwa para pelaku ekonomi kreatif yang didominasi oleh anak muda pasti dapat mengembangkan aplikasi dan game dengan kreatif,” Ujar Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf pada acara Bekraf Developer Day Sabtu, 25 Febuari 2017 di Hotel Peninsula, Manado. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Related Posts

News Update

Top News