SMI Biayai Pembangunan Infrastruktur Pemda Rp1,3 Triliun

SMI Biayai Pembangunan Infrastruktur Pemda Rp1,3 Triliun

Jakarta–PT Sarana Multi Infratsruktur (Persero) siap membiayai pembangunan pemerintah daerah (Pemda). Dalam lima bulan pertama di 2016, SMI telah memiliki komitmen untuk membiayai lima pemda senilai Rp2,44 triiun dan sudah terealisasi Rp1,3 triliun.

Direktur Pembaiyaan dan Investasi SMI Edwin Syahruzad menyebut, sampai Mei 2016, pihaknya telah membantu Pemda dalam membangun daerahnya. Lima provinsi yang telah dibiayai SMI sampai Mei adalah Pemprov Sumatera Barat,  Pemkab Konawe (Sulawesi Tenggara), Gianyar, Jayapura, dan Pemprov Papua.

“Portofolio yang dibangun biasanya yang langsung berdampak dengan kebutuhan masyarakat seperti RSUD, jalan raya, pasar, atau saluran irigasi,” sebut Edwin, Kamis, 9 Juni 2016.

Fasilitas pembiayaan Pemda yang kini dijalankan PIP, sebut Edwin, adalah pengalihan dari bisnis Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang mulai tahun lalu dialihkan ke SMI.

“kita membantu Pemda, kalau misalnya mereka kekurangan dana untuk pembangunan. Namun, Pemda itu harus mendapat izin dulu dari Kementerian Keuangan dan Kemendagri,” tambahnya.

Sampai akhir tahun ini,Edwin menyebut, dia optimis setidaknya 20 Pemda atau Pemprov akan mengajukan diri dan selanjutnya akan siap dibiayai SMI.

“Prioritas kita justru pemda di Indonesia bagian tengah dan timur sehingga dapat menumbuhkan pertumbuhan ekonomi di sana dan juga pemerataan ekonomi,”pungkasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.