BI: Penjualan Eceran Kembali Melambat

BI: Penjualan Eceran Kembali Melambat

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat, penjualan eceran pada November 2019 melambat dibandingkan dengan penjualan pada bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) November 2019 yang tumbuh 1,3% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan IPR Oktober 2019 sebesar 3,6% (yoy).

Namun, menurut BI dalam laporannya yang dikutip di Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020 menyebutkan, bahwa penjualan eceran masih cukup positif. Masih positifnya penjualan eceran ditopang oleh penjualan pada kelompok Suku Cadang dan Aksesori, kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, dan kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau.

Penjualan eceran pada Desember 2019 diprakirakan tidak setinggi pencapaian pada periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini terindikasi dari pertumbuhan IPR Desember 2019 yang secara tahunan menurun sebesar 0,2% (yoy). Penurunan itu terutama dipicu oleh penjualan kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, serta kelompok Barang Lainnya.

Selain itu, hasil survei mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang diprakirakan meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang meningkat menjadi 154,6, dari 149,2 pada bulan sebelumnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News