Beli Asuransi Dari Uang Kembalian

Beli Asuransi Dari Uang Kembalian

Cirebon– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan melakukan uji coba pemasaran asuransi jiwa semi mikro dengan menggandeng Equity Life dan Hypermart. Konsep terbaru pemasaran asuransi semi mikro tersebut adalah menggunakan uang kembalian ketika berbelanja di pasar swalayan. Upaya tersebut merupakan salah satu langkah mengembangkan akses dan literasi masyarakat terhadap layanan dan produk jasa keuangan.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, Agus Sugiarto menjelaskan, ketika berbelanja di pasar swalayan, terkadang konsumen diberikan uang receh sebagai uang kembalian. Agar masyarakat dapat memanfaatkan uang kembalian tersebut, maka uang itu dapat digunakan sebagai premi asuransi semi mikro.

“Uang (kembalian) belanja di supermarket itu dikonversi menjadi premi asuransi jiwa, uang kembalian Rp 100 dapat menjadi premi Rp1.000. Kalau sudah Rp100 ribu dapat pertanggungan Rp1 juta,” kata Agus di Cirebon, Sabtu 13 Februari 2016.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan, nantinya akan ada semacam loket untuk konsumen menandatangani premi pertanggungan asuransi yang tersedia di pasar swalayan yang menyediakan produk asuransi tersebut. Direncanakan, uji coba produk asuransi tersebut dimulai pada bulan April 2016 mendatang di Jakarta.

“Ini juga untuk mengajarkan masyarakat tentang hal positif. Membeli produk asuransi tidak perlu ke kantor atau ke bank dan prosesnya tidak berbelit-belit,” tukasnya. (*) Ria Martati

Related Posts

News Update

Top News