BEI Minta RHB Sekurities Benahi Sistem Perdagangan Elektronik

BEI Minta RHB Sekurities Benahi Sistem Perdagangan Elektronik

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi melayangkan surat teguran kepada PT RHB Sekurites Indonesia. Hal itu terkait posisi jual saham BEKS (PT Bank Pundi Indonesia Tbk) mencapai 2,1 miliar lot pada posisi 53 di  perdagangan tanggal 9 September 2016 yang terjadi pada sistem perdagangan online trading RHB Sekurities. Padahal, total saham beredar BEK hanya 46,17 miliar lembar saham.

Menurut Direktur Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan  PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Hamdi Hasyarbaini bahwa ganjilnya posisi jual hingga 2,1 milliar lot karena ada kegagalan pada sistem online trading atau sistem perdagangan elektronik.

“Sistem mereka error  sehingga  posisi jual nasabah berulang kali dalam jumlah yang besar, “ terang dia di Jakarta, Jumat, 16 September 2016.

Dengan surat teguran itu, kata dia, diharapkan RHB Sekurities Indonesia dapat  menemukan penyebab kegagalan sistem itu dan membenahinya. Teguran itu kata dia, setelah mendapat  penjelasan dari manajemen RHB Sekurties.

“Kami sudah tanyakan kepada mereka dan respon mereka itu yakni ada error dalam online,” terang dia.

Dalam kesempatan ini Hamdi, membantah adanya indikasi bahwa posisi jual itu merupakan salah satu cara untuk mengerakan nilai saham semu atau goreng saham.

“Hanya error saja, sehingga kami minta mereka untuk audit dan perbaiki segera,” terang dia. (*) Dwitya Putra

Related Posts

News Update

Top News