BEI Himbau Emiten Percepat Publikasi Laporan Keuangan

BEI Himbau Emiten Percepat Publikasi Laporan Keuangan

Jakarta – Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio menghimbau agar para emiten bisa lebih cepat mengeluarkan laporan keuangan.

Sebab hal itu dipercaya mampu meredam sentimen negatif dari jatuhnya bursa saham dunia.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio meyakini, jatuhnya bursa saham dunia hari ini disebabkan munculnya persepsi pelaku pasar bahwa bank sentral Amerika Serikat (AS) akan menaikkan suku bunga acuannya. Padahal sentimen itu masih berupa asumsi.

“Padahal Jerome Powell (Gubernur The Fed yang baru) itu dia seorang yang dovish atau menganut suku bunga rendah. Tapi ada kenaikan yield obligasi, lalu ketakutan naik inflasi di AS seiring dengan naiknya data tenaga kerja. Jadi ini hanya persepsi, ada ketakutan kenaikan suku bunga,” tuturnya di BEI, Jakarta, Selasa, 6 Febuari 2018.

Baca juga: BEI Bidik Kapitalisasi Pasar Rp 10.000 Triliun di 2019

Sementara bagi pasar modal, kata Tito tergantung berdasarkan kondisi perekonomian dan kinerja emiten yang kemudian juga menimbulkan persepsi.

Oleh karena itu menurut Tito untuk menahan penurunan dia menghimbau agar para perusahaan tercatat mengeluarkan laporan keuangan tahunan 2017 lebih cepat.

“Jadi tolong dong emiten-emiten yang hasilnya bagus percepat keluarkan laporan keuangannya, tunjukkan kalau memang hasilnya bagus. Anda akan menolong bursa Indonesia,” ujarnya.

Tito yakin rata-rata perusahaan tercatat mengalami kinerja yang positif sepanjang 2017. Hingga saat ini baru 9 emiten yang mengeluarkan laporan keuangan dengan total pendapatan yang meningkat 22,61% dan laba bersih 14,75%.

Sementara dari sisi perekonomian, dia memandang sepanjang 2017 cukup baik. Sebab meski secara rata-rata pertumbuhan ekonomi 2017 hanya 5,07% namun jika dilihat di kuartal IV-2017 saja tumbuh 5,9%. (*)

Related Posts

News Update

Top News