Begini Cara Kembangkan Investasi dan Kekayaan Bersih

Begini Cara Kembangkan Investasi dan Kekayaan Bersih

SUDAH menjadi hal umum jika investasi bisa jadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan atau mengembangkan nilai kekayaan bersih di masa depan.

Investasi secara online yang dilakukan oleh investor mampu menumbuhkan uang dan pendapatan hingga berkali-kali lipat dan bahkan mampu untuk mengalahkan inflasi.

Dengan berkembangnya nilai kekayaan bersih yang dimiliki, maka akan semakin mudah juga bagi Anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan keuangan Anda kelak di masa depan. Di zaman sekarang, Anda bisa menjadi seorang investor dengan cara mendaftarkan diri melalui situs Indodana, sebuah P2P Lending yang teregister di OJK secara online yang sudah banyak tersedia di masyarakat.

Berbagai perusahaan investasi P2P Lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan Anda peluang Investasi dengan modal kecil dan bisa dengan mudah dilakukan tanpa syarat yang rumit.

Dalam pembahasan kali ini, akan dibahas tentang 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan kekayaan bersih melalui investasi. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pendapatan Bunga yang Anda Dapatkan

Pendapatan yang satu ini bisa Anda peroleh saat Anda meminjamkan uang kepada pihak yang akan membayar kembali jumlah pokok pinjaman diikuti dengan bunga yang ditambahkan di dalamnya. Misalnya saja, Anda membeli sebuah deposito di bank, maka dalam hal ini Anda bisa dibilang meminjamkan uang ke bank selama periode tertentu.

Maka, sebagai imbalannya Anda akan mendapatkan tingkat pengembalian yang sudah ditentukan sebelumnya dan biasanya tingkat bunga yang didapatkan oleh nasabah yang melakukan deposito akan dihitung per tahun. Ini menjadi salah satu cara yang juga sering digunakan.

Pendapatan Sewa dan Profit Usaha yang Dijalankan

Saat Anda mempunyai sebuah usaha yang sedang dijalankan dan mampu mengantongi laba hingga Rp 10 Juta dalam sebulan, maka nilai tersebut merupakan penambahan kekayaan bersih yang akan Anda kantongi setiap bulannya.

Hal ini juga akan berlaku jika Anda menginvestasikan sejumlah uang Anda pada saham perusahaan dan memiliki kepemilikian setidaknya sekitar 10% dari perusahaan.

Jika perusahaan tersebut dalam sebulan mampu mendapatkan laba bersih sekitar Rp100 Juta, maka hal ini berarti Anda berhak mendapatkan laba atau pembagian hasil Rp10 Juta setiap bulan sebagai bagian dari kepemilikan Anda di perusahaan tersebut.

Selain itu, misalnya saja Anda memiliki sebuah properti yang disewakan dan kemudian mendapatkan sejumlah uang yang menjadi pendapatan yang Anda peroleh setiap bulannya. Pendapatan sewa yang dibayarkan oleh pihak penyewa kepada Anda ini akan menjadi penambah nilai kekayaan bersih setiap bulannya.

Keuntungan dari Capital Gain

Jenis pendapatan berikutnya yang akan didapatkan yaitu saat Anda membeli sebuah aset dan kemudian beberapa tahun kemudian Anda menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Misalnya saja saat ini Anda membeli sebuah rumah yang berharga Rp500 Juta, selanjutnya 10 tahun akan datang nilai properti tersebut melonjak naik menjadi Rp750 Juta.

Saat Anda menjual rumah tersebut kepada orang lain, maka ada keuntungan dari capital gain yang didapatkan adalah sebesar Rp 250 Juta.

Tidak hanya berlaku pada bidang properti saja yang bisa mendapatkan keuntungan dari capital gain, sebab ada beberapa benda pula yang bisa berpotensi untuk menghasilkan capital gain.  Misalnya saja jika Anda memiliki hobi dibidang seni, Anda bisa membuat sebuah lukisan langka, berlian, permata, perhiasan dan lain sebagainya.

Namun, jika ternyata di masa yang akan datang Anda menjualnya dengan harga yang lebih rendah dari harga beli yang Anda bayar, maka dalam hal ini Anda akan mendapatkan kerugian yang disebut dengan istilah capital loss.

Menjual Waktu yang Anda Miliki

Maksud dari sumber uang yang satu ini adalah uang yang akan diterima saat Anda menjual waktu yang Anda miliki kepada seorang majikan yang membayar Anda. Sumber penghasilan ini biasa dikenal dengan upah atau gaji yang biasanya diterima oleh para karyawan setiap bulan. Nilai uang yang akan Anda dapatkan sangat bergantung dari keterampilan yang Anda miliki dan seberapa banyaknya permintaan di masyarakat.

Misalnya saja, jika Anda bekerja sebagai dokter bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari mereka yang hanya bekerja sebagai pegawai sebuah restoran.

Hal ini bisa terjadi karena hanya sedikitnya orang yang benar-benar memiliki keterampilan seperti yang Anda miliki.

Dalam kondisi di atas, tentu agar Anda bisa mendapatkan uang lebih banyak, maka Anda harus meningkatkan keterampilan yang Anda miliki, meningkatkan tarif yang dikenakan, atau bekerja dengan waktu lebih lama.

Demikianlah 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan nilai kekayaan bersih di masa depan.
Jika Anda menerapkan kiat di atas secara bertahap Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal pula. Namun untuk mendapatkan laba, Anda harus cermat dalam menilai sebuah aset yang dimiliki, jangan sampai menjual aset yang Anda miliki dengan nilai lebih rendah dari harga belinya. Bukan untung yang didapat malah akan rugi. Demikian informasi yang sudah kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda semua. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.