BCA Adakan Operasi Katarak Gratis di Tana Toraja

BCA Adakan Operasi Katarak Gratis di Tana Toraja

Tana Toraja–PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar operasi katarak gratis bersama Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami). Operasi katarak gratis kali ini dilakukan di RSU Lakipadada, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Head of CSR BCA Sapto Rachmadi mengatakan, operasi katarak gratis ini termasuk salah satu upaya BCA dalam menekan jumlah kebutaan akibat katarak. Adapun pperasi katarak tersebut sudah dilakukan sejak 8-10 Agustus 2016 dan menargetkan dapat menjangkau sekitar 200 pasien.

“Kegiatan operasi katarak ini dilakukan oleh BCA secara berkesinambungan dan kami berupaya untuk dapat menjangkau masyarakat di berbagai tempat. Kami menyadari bahwa katarak dapat menyerang siapapun, tidak hanya saudara kita yang sudah berumur dan pada umumnya katarak dapat dipulihkan melalui operasi. Melalui operasi ini masyarakat diharapkan dapat kembali sehat dan produktif untuk bersama-sama membangun potensi wilayah mereka,” ujarnya.

Menurutnya, BCA telah bekerja sama dengan SPBK-Perdami sejak 2001. Sepanjang 2015, BCA telah memfasilitasi 689 tindakan operasi katarak gratis di Ciledug, Tangerang Banten, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Balangan, Kalimantan Selatan, Lela, Maumare, Flores, Sukadana, Lampung, Liwa, Lampung dan Mamuju, Sulawasi Barat.

“Selain menyelenggarakan operasi katarak gratis, BCA turut menyerahkan bantuan 13 alat operasi katarak dan dua alat biometri kepada SPBK-Perdami di tahun 2015,” tambahnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, katarak atau kekeruhan pada lensa mata, masih menjadi salah satu penyebab utama 50% kebutaan di negara ini. Pemerintah bersama berbagai instansi turut mendorong penurunan angka penderita katarak di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan BCA ini sejalan dengan visi pemerintah mewujudkan Indonesia bebas buta katarak pada 2020.

“Masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan BCA. Inilah yang membuat kami ingin bersama-sama membangun kesejahteraan masyarakat di sekitar kami, terutama di tengah keindahan Tana Toraja yang sudah tidak asing lagi di tengah wisata Nasional maupun Internasional. Mari bersama-sama kita bangun masyarakat yang sehat dan bebas dari katarak,” tutupnya. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News