Bank Miliki Ruang Turunkan Bunga Kredit 60 Bps Lagi

Bank Miliki Ruang Turunkan Bunga Kredit 60 Bps Lagi

Jakarta – Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) melihat, penurunanan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo yang saat ini berada di level 4,25 persen, baru akan direspon oleh perbankan pada 2018 mendatang dengan ikut menurunkan suku bunga kreditnya.

Senior Advisor LPPI, Martin Panggabean mengatakan, suku bunga kredit perbankan pada tahun depan diperkirakan bakal lebih rendah dibandingkan dengan tahun ini. Menurutnya, perbankan masih ada ruang untuk menurunkan suku bunga kreditnya sebesar 60 basis points (bps) di 2018.

Sebagai informasi, suku bunga acuan BI sudah turun sebanyak 175 bps sejak awal 2016 sampai dengan September 2017. Namun demikian perbankan baru meresponnya dengan menurunkan suku bunga kreditnya hanya sebesar 115 bps. Maka, bank masih memiliki 60 bps lagi untuk menurunkan bunga kredit.

Feeling saya suku bunga kredit akan lebih banyak turun lagi di tahun depan dibanding tahun ini. Saya lihat ‎suku bunga kredit masih bisa turun lagi 60 bps,” ujar Martin di Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2017. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Related Posts

News Update

Top News