Bank Mandiri Berencana Akusisi Dua Bank Kecil di Filipina

Bank Mandiri Berencana Akusisi Dua Bank Kecil di Filipina

Jakarta– PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) mengaku akan memperluas bisnisnya di luar negeri dengan mengakuisisi bank di Filipina. Tak tanggung-tanggung, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyebut, terdapat dua bank yang sedang dijajaki oleh Bank Mandiri.

“Kami akan menjelajahi ke Fiipina lagi mulai 2019 ini dan mencari potensi di sana. Pembicaraan yang kemarin sempat dilakukan akan kami lanjutkan lagi,” kata Kartika di Kompleks DPR RI Jakarta, Kamis 4 Juli 2019.

Sebelumnya, Bank Mandiri juga sempat menghembuskan isu akan mengakusisi bank di Filipina pada tahun 2017 silam. Namun Kartika menyebut, kondisi kondisi rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) miliknya kala itu sedang tidak stabil maka pihaknya menunda rencana tersebut.

“Waktu itu kita ada upaya ke sana tapi karena NPL tinggi tidak jadi. Sekarang NPL sudah rendah jadi akhir 2019-2020 kita coba jelajahi,” kata Kartika.

Kartika menyebut, dua bank yang sedang dijajaki di Filipina berada dalam kategori menengah kecil. Hal tersebut untuk memperluas segmen bisnis miliknya di luar negeri.

Sebagai informasi, Bank Mandiri terus memperbaiki kualitas kredit yang terlihat dari penurunan rasio Non Performing Loan (NPL) dari 3,32% pada Triwulan I/2018 menjadi 2,68% pada Triwulan I/2019. Dengan kinerja tersebut, diharapkan dapat membuat kinerja Bank Mandiri semakin stabil. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.