Bank dan Merchant Dukung GPN Lewat B-Secure

Bank dan Merchant Dukung GPN Lewat B-Secure

Jakarta — Tiga belas lembaga menjadi mitra PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) dan PT Infinitium Solutions (Infinitium) dalam penggunaan platform otentikasi domestik untuk transaksi pembayaran online, yakni B-Secure, yang resmi diluncurkan pada Kamis, 27 September 2018, di Grand Hyatt, Jakarta.

Dari lembaga-lembaga tersebut, delapan diantaranya adalah Bank Penerbit Kartu yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, yaitu Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Syariah Bukopin, Bank Syariah Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN), Bank OCBC NISP, Bank DBS, Bank Bukopin dan Bank Papua. Sementara itu, Mimopay, Rumah Zakat dan Padiciti merupakan tiga piloting merchant dimana Payment Gateway pendukungnya adalah Doku dan Faspay.

B-secure, yang dibuat hasil kerjasama antara Artajasa dan Infinitium, digadang-gadang akan mendukung keamanan dan kenyamanan pada transaksi e-commerce yang sejalan dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). B-Secure menjadi infrastruktur pendukung ekosistem pembayaran elektronis, yang menawarkan solusi end-to-end sistem otentikasi domestik untuk transaksi e-commerce Bank penerbit kartu dan merchant. Selain itu, B-Secure juga dapat di implementasikan ke seluruh jaringan anggota ATM Bersama yang saat ini berjumlah 94 bank dengan 107 juta pemegang kartu di Indonesia.

“Kedepannya, Artajasa akan terus berinovasi untuk sama-sama membangun ekosistem pembayaran nasiomal yang mandiri dan memperkuat ekonomi Indonesia ke depan. Usia kami telah 18 tahun, di usia ini, yang kami bangun bukan produk saja melainkan ekosistem pembayaran digital yang aman, menghindari kecurangan (fraud), nyaman dan efisien,” ujar Bayu Hanantasena, Direktur Utama PT Artajasa Pembayaran Elektronis, Kamis (27/09).

B-Secure merupakan platform otentikasi bersifat real-time bagi para pemangku kepentingan dalam ekosistem e-commerce yang berfungsi untuk menjalankan proses otentikasi dan otoriasi terhadap transaksi GPN antar e-commerce dan mobile-commerce space di dunia maya secara aman. Melalui Dynamic One-Time Password (OTP) Authentication atau otentifikasi via kata sandi sekali pakai, B-Secure memfasilitasi transaksi yang aman antar pemegang kartu, bank, dan pedagang (merchant) yang berlangsung dalam sekali proses.

Hasilnya, transaksi dapat diselesaikan secara real-time dan aman sehingga menguntungkan seluruh ekosistem, antara lain, Merchant yang menggunakan platform B-Secure untuk meminta persetujuan otentikasi dan otorisasi; Bank yang menggunakan B-Secure untuk melakukan verifikasi otentisitas dari permintaan pedangan dan otentikasi pemegang kartu melalui OTP atau kanal otektikasi lain seperti biometrik; Pemegang Kartu menggunakan B-Secure untuk memasukkan OTP dan menyelesaikan transaksi secara aman dalam waktu yang sama (real-time). (Ayu Utami)

Leave a Reply

Your email address will not be published.