Bank dan Fintech Jangan Saling Berebut ‘Kue’

Bank dan Fintech Jangan Saling Berebut ‘Kue’

Jakarta–Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta agar perbankan dan perusahaan financial technology (fintech) untuk tidak berebut nasabah. Pasalnya, kedua industri ini sudah memiliki pangsa pasarnya masing-masing.

Saat ini masyarakat telah banyak melirik pinjam meminjam uang melalui perusahaan fintech dengan skema Peer to Peer (P2P) Lending. “Kita harus mengesampingkan egois sektoral, kita harus bagi-bagi lah. Jangan berebut kue (nasabah),” ujar dia dalam Infobank Banking Forum bekerja sama dengan IBM, di Jakarta, Kamis, 8 Desember 2016.

Menurutnya, industri perbankan harus dapat mengembangkan kapasitas Teknologi Informasinya (TI), sehingga dapat memberikan layanan lebih baik dan menyeluruh kepada nasabah. Terlebih, saat ini masyarakat lebih memilih kemudahan dalam mengajukan kredit dibandingkan rendahnya suku bunga.

Perusahaan fintech banyak yang memberikan kredit melalui skema Peer to Peer Lending yang berlangsung secara daring pada situs perusahaan pinjaman P2P. Peer to Peer Lending merupakan praktik pinjam meminjam uang antarindividu yang tidak berhubungan, tanpa melalui perantara keuangan tradisional seperti bank atau lembaga keuangan tradisional lainnya.

“Kemkominfo sedang bekerja bagaimana fintech berkembang dan jangan menjadi musuh bank. Bagaimana kita mempromosikan ‘kue’ ini bersama-sama, agar mendapatkan ‘kue’ terbesar,” tutupnya. (*)

(Baca juga: OJK Masih Matangkan Regulasi Fintech)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.