Bank Bakal Kena “Palak” Lagi
Page 3

Bank Bakal Kena “Palak” Lagi

Harus diakui memang program restrukturisasi ini bukan dimaksudkan untuk menyelamatkan bank secara individu, melainkan lebih kepada industri, untuk menjaga “value” industri perbankan agar tetap terjaga dengan baik. Jika demikian, dan tidak bisa lagi menolak karena perintah UU, diharapkan besaran premi bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing bank yang berbeda-beda kinerjanya, jadi tidak dapat disamaratakan. Bank berkinerja baik akan memperoleh insentif dari program ini.

Menurut simulasi besaran premi yang sudah dilakukan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) ialah dengan menetapkan pertama kali target fund yang akan dihimpun selama satu kurun waktu tertentu. Sebagai contoh di negara lain, Jerman: 0,05% x PDB (15 tahun); Swedia: 2,5% x PDB (15 tahun);  Jepang: 0,038% x simpanan (20 tahun); Uni Eropa: 1,05% x total simpanan yang dijamin (8 tahun). Sementara itu, IMF: 2% – 4% x PDB (nett).

(Baca juga: Isu Rush Money, Itu Subversi)

Metode penghitungan yang diusulkan dengan menggunakan dua opsi, yaitu flat rate dan multiple bucket premium, dalam hal ini digunakan beberapa parameter, seperti kelompok bank berdasarkan BUKU 1 sampai dengan BUKU 4, kelompok risiko bank atau kombinasi keduanya.

Apa pun ceritanya, premi restrukturisasi ini adalah beban bagi bank. Beban ini sudah pasti akan dikenakan kepada nasabah. Jika demikian, apakah mungkin suku bunga perbankan nasional bisa bersaing dengan suku bunga bank dari negara-negara lain di ASEAN? Mimpi basah saja suku bunga bank di Indonesia bisa bersaing dengan Malaysia atau Thailand karena operational cost yang menjadi struktur suku bunga kredit saja terus membesar. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Related Posts

News Update

Top News