Asuransi Umum Kaji Produk Unitlink

Asuransi Umum Kaji Produk Unitlink

Jakarta– Terbukanya peluang bagi perusahaan asuransi umum untuk menjual produk unitlink, nampaknya bekum disambut antusias oleh industri asuransi umum. Masih belum jelasnya aturan serta konsep produk masih menjadi pertimbangan bagi perusahaan asuransi kerugian. PT Mandiri Axa General Insurance misalnya mengaku masih mengkaji kemungkinan penerbitan produk unitlink.

“Kami sedang pelajari, nanti kita lihat apakah kita akan kesana apa enggak,” kata Direktur Utama Mandiri Axa General Insurance Albertus Wiroyo di Jakarta, Rabu 27 Januari 2016.

Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyiapkan Surat Edaran yang memperbolehkan penjualan produk asuransi unit link bagi asuransi umum itu untuk mendorong pertumbuhan premi asuransi umum yang tahun lalu melambat. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank II OJK Dumoly F Pardede mengatakan, aturan tersebut juga akan menguntungkan bagi nasabah.

“Nasabah akan terasa manfaat memiliki asuransi,” kata Dumoly baru-baru ini.

Terpisah, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) juga masih menimbang-nimbang untuk meluncurkan produk asuransi unitlink. Apalagi belum ada aturan jelas dari OJK.

“Kami sih lihat semakin cepat semakin baik, kita kan bikin dulu-duluan, cuma kan pertanyaannya nempel dimana produk unitlink ini nanti,” kata Chief Risk Officer, Adira Insurance Meryati Bandjarnahor belum lama ini.

Dia juga menegaskan return produk asuransi berbalut investasi tersebut nantinya tidak bisa dibandingkan dengan produk investasi lain seperti saham atau reksadana karena pada dasarnya asuransi menjual produk perlindungan.(*) Ria Martati

57 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.