Asuransi Astra Raih 2 Penghargaan di Digital Marketing Award 2019

Asuransi Astra Raih 2 Penghargaan di Digital Marketing Award 2019

Jakarta – Asuransi Astra meraih dua penghargaan Digital Marketing Award 2019 yakni kategori The Best General Insurance untuk gardaoto dan Social Media Award 2019 untuk kategori Car Insurance. Penghargaan ini diterima oleh L. Iwan Pranoto selaku SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra di Jakarta.

Berdasarkan keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019, penghargaan Digital Marketing Award 2019 ini adalah bentuk apresiasi yang diberikan kepada perusahaan atau merek dari 87 kategori yang memiliki website dengan performa terbaik sebagai media komunikasi pemasaran digital.

Iwan mengatakan bahwa dengan memasuki era disrupsi digital ini, Asuransi Astra dituntut untuk cepat beradaptasi dan berinovasi menghadirkan produk-produk kepada masyarakat.

“Gardaoto.com adalah bentuk adaptasi dan inovasi dari Asuransi Astra untuk memberikan kemudahan dalam membeli asuransi mobil Garda Oto. Lalu, kami juga mendukung program OJK dengan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness Asuransi Astra dan Garda Oto pada khususnya, yang harapannya juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan asuransi,” ujar Iwan.

Nominasi untuk setiap kategori dipilih berdasarkan tools yang mengukur kecepatan akseswebsite, jumlah visit, dan traffic di website tersebut. Metode riset pun dilakukan dengan melibatkan sekitar 510 orang pengamat di Jakarta dan Surabaya.

Pengamat terdiri dari para profesional, jurnalis, dan mahasiswa dengan rentang usia 21-60 tahun, yang merupakan heavy user di dunia internet dan mempunyai kapabilitas untuk mengevaluasi performa website. Setelah melakukan riset, penilaian pun dilanjutkan dengan didasarkan kepada enam dimensi yaitu community, content, context, connection, commerce, dan customization sehingga pada akhirnya didapatkan nama-nama perusahaan yang menjadi pemenang dari setiap kategori.

Sedangkan untuk Social Media Award 2019, penilaian didasarkan pada share of voice yang dimiliki oleh Asuransi Astra. Dengan menggunakan data dari Media Wave, Frontier menganalisa dan mendapatkan daftar merek-merek yang pada saat ini memiliki pangsa dan sentimen pembicaraan yang baik di media sosial.

Adapun Indeks yang digunakan adalah hasil pengembangan dan modifikasi berdasarkan Social Influence Marketing Score (SIM Score). Lalu untuk mendapatkan nilai indeks pengukuran Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS Index), penilaiannya diukur dengan rumus persentase pembicaraan suatu merek di dalam kategori tertentu ditambah persentase pembicaraan netral merek tersebut di kategori dikurangi persentasi pembicaraan negatif merek tersebut di sebuah kategori.

Berdasarkan metode penilaian tersebut, Asuransi Astra berhasil mendapatkan nilai indeks EMSS Index sebesar 41,8% dan berhasil meraih predikat sebagai Car Insurance terbaik pada acara ini. Sedangkan, gardaoto.com mendapatkan predikat The Best General Insurance dengan nilai Digital Marketing Index (DMI) sebesar 2,645 poin. (*) Evan

Related Posts

News Update

Top News