Aset BPD Kuartal I-2017 Capai Rp586 Triliun

Aset BPD Kuartal I-2017 Capai Rp586 Triliun

Jakarta–Ketua Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Kresno Sediarsi mengatakan, Aset keseluruhan Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia mencapai Rp586,6 triliun┬áper Maret 2017. Nilai tersebut meningkat 9,3 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

“Meningkat 9,3 persen dibandingkan Maret 2016 yang hanyaRp 536,71 triliun,” ungkap Kresno di Menara Merdeka, Jakarta, Kamis, 15 Juni 2017.

Selain itu, dari sisi penyaluran kredit BPD tercatat sebesar Rp338,52 triliun per Maret 2017, atau meningkat 5,7 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya di Maret 2016 yang hanya tercatat sebesar Rp320,12 triliun.

Kresno mengungkapkan, BPD akan mengekspansikan kreditnya ke sektor-sektor produktif. Pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Asbanda Jerman untuk memberikan program kepada BPD untuk menyosialisasikan sektor produktif.

Asbanda yang didukung OJK juga terus melakukan transformasi BPD guna mencapai visinya untuk memberikan kontribusi untuk meningkatkan pemerataan ekonomi nasional. Salah satunya dengan mengembangkan produk, meningkatkan layanan dari BPD, dan menggunakan teknologi informasi.

Kresno menambahkan, bahwa kekuatan BPD tidak perlu diragukan untuk menunjang perekonomian daerah. Dengan bersinerginya seluruh BPD di daerah ke dalam Asbanda ke depan diharap akan dapat menguatkan kinerja masih-masing BPD. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.