API Gelar 3D Printing Expo Indonesia 2015

API Gelar 3D Printing Expo Indonesia 2015

Industri printing merevolusi wajahnya melalui teknologi 3D Printing. Berbagai desain teknologi terbaru akan digelar disini. Apriyani Kurniasih.

Jakarta—Wajah industri teknologi printing terus meng-update teknologinya untuk memberikan hasil yang maksimal. Kini teknologi 3D printing menjadi topik yang ramai dibicarakan. Spesifikasi 3D printing yang mampu mencetak objek tiga dimensi secara presisi bahkan hingga ukuran millimeter, diramalkan akan merevolusi beberapa industri. Potensi teknologi ini mampu menghasilkan produk yang customized, sehingga dapat memangkas biaya dan waktu produksi.

Di negara-negara maju dunia, teknologi 3D printing digunakan mulai dari industri medis, arsitektur, fashion, hingga membuat prototype di industri otomotif dan manufaktur sebagai solusi yang inovatif. Itulah mengapa potensi bisnis 3D Printing dinilai cukup besar di masa mendatang, dan diperkirakan akan merevolusi berbagai industri.

Agus Riyadi, Direktur PT Amara Pameran Internasional (API) menuturkan, besarnya potensi perusahaan-perusahaan di Asia termasuk Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya melalui implementasi 3D printing. Namun, saat ini banyak praktisi industri belum memiliki pengetahuan mendalam tentang aplikasi atau kegunaan dari 3D printing, “Kurangnya informasi mengenai teknologi 3D Printing di Indonesia, menjadi hambatan bagi pemanfaatan teknologi ini,” ungkapnya.

Agus menambahkan, saat ini hanya beberapa pelaku industri yang berani memanfaatkan secara maksimal teknologi 3D printing dalam bisnisnya.
Belum memadainya informasi tentang 3D printing di Indonesia mendorong API untuk menghadirkan sebuah wadah yang dapat memperkenalkan industri 3D Printing di Indonesia. Salah satunya dengan menyelenggarakan Pameran 3D Printing Expo Indonesia 2015 yang akan diselenggarakan pada tanggal 06 – 09 Agustus 2015 di Jakarta Convention Center dan diselenggarakan secara bersamaan dengan pameran grafika FGDExpo 2015.

Pameran yang akan berlangsung empat hari ini membidik para pelaku dari industri manufatur, medis, arsitektur, teknik, seni dan khalayak umum lainnya yang ingin mengetahui lehih jauh mengenai teknologi ini. Selain itu, pameran ini akan menghadirkan berbagai display 3D printing menarik yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Pameran 3D Printing Expo Indonesia 2015 akan memperkenalkan kepada publik Indonesia bagaimana 3D printing akan mengubah kegiatan merancang, mengembangkan dan manufaktur di masa depan. Pada perhelatan ini, akan disajikan beragam produk 3D printer dan scanner mulai dari skala kecil (untuk kegiatan rumahan) hingga level semi-professional.

“Publik akan dapat mengeksplor teknologi 3D printing dan aplikasinya untuk multi industri di Pameran 3D Printing Expo Indonesia 2015,” tambah Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.