Anies Baswedan: Kekayaan Indonesia Ada di SDM

Anies Baswedan: Kekayaan Indonesia Ada di SDM

Untuk dapat mendukung perekonomian nasional, pendidikan di Indonesia harus dapat didorong agar memiliki SDM yang berkualitas baik dari segi kompetensinya maupun yang lainnya. Rezkiana Nisaputra

Jakarta–Di tengah perekonomian nasional yang melambat, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menjadi peran yang sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Pasalnya, hal tersebut menjadi tantangan pemerintah dalam kedepannya.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies R. Baswedan, dalam seminar yang bertajuk “Penguatan Ekonomi Nasional Melalui Peningkatan Kualitas Manusia” di Jakarta, Kamis, 20 Agustus 2015.

Untuk mendorong SDM yang berkualitas, diperlukan kesadaran pendidikan bagi masyarakat menengah ke bawah yang memandang bahwa, pendidikan tinggi dirasa tidak perlu. Kondisi ini tentunya berdampak kepada SDM di Indonesia yang kalah saing dengan negara tetangga.

“Lihat Korea Selatan, lihat Thailand, liat China, mereka SDMnya kuat-kuat. Pemerintah mereka mau menyuplai pendidikan di sekolah-sekolah. Kalau di Indonesia banyak pertanyaan seperti ini, buat apa sekolah. Nah ini jadi tantangan kita bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menilai, kekayaan SDM di Indonesia sebenarnya sangat menjanjikan, mengingat jumlah penduduk Indonesia yang begitu besar. Maka dari itu, pendidikan di Indonesia harus dapat di dorong agar memiliki SDM yang berkualitas baik dari segi kompetensinya maupun yang lainnya.

“Kita harus mendorong bahwa kekayaan Indonesia adalah sumber daya manusianya. Bahwa sebenernya yang harus dikembangkan itu adalah manusianya. Karena dengan begitu akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi. Ini tidak terlepas dari segi pendidikan masyarakat,” tutupnya. (*)

@rezki_saputra

Related Posts

News Update

Top News