Anggota DPR: Rupiah Melemah Bukan Karena Kondisi Politik

Anggota DPR: Rupiah Melemah Bukan Karena Kondisi Politik

Rupiah hampir menyentuh Rp14.000/ USD yaitu di level Rp13.998/USD melemah dibanding Jumat (21/8) lalu yang tercatat Rp13.895/USD. Ria Martati

Jakarta–Nilai tukar Rupiah yang melemah dan hampir menembus Rp14.000 menurut anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Hanura Nurdin Tampubolon harus diatasi bersama.

Para politisi diimbau untuk duduk bersama dan menjaga kondisi ekonomi dengan menjaga stabilitas politik. Ia juga membantah terjadi kegaduhan politik yang menyebabkan pelemahan kondisi ekonomi.

“Apa yang terjadi di pasar pengaruhnya dari politik sebenarnya politik nasional masih stabil, di Republik ini belum ada saling menjatuhkan dan sebagainya, tapi kami sarankan para politisi ini saling memperbaiki kondisi yang ada,” kata Nurdin di Gedung DPR/MPR, Senin, 24 Agustus 2015.

Nurdin mengatakan kendati saat ini nilai tukar sudah mendekati Rp14.000 namun ia meyakini saat ini Pemerintah tengah bekerja keras untuk menentukan langkah-langkah penanganan.

“Belum tentu (tembus Rp15.000), bisa saja pemerintah menemukan resep-resep, Pemerintah sedang bekerja untuk menemukan penanganan-penanganan,” tambahnya. Kendati demikian, jika tidak ditangani dengan profesional, ia mengingatkan risiko pelemahan nilai tukar bisa berlanjut lebih dalam. (*)

@ria_martati

Leave a Reply

Your email address will not be published.