Allianz Indonesia Berikan Pendampingan Psikososial untuk Sulawesi Tengah

Allianz Indonesia Berikan Pendampingan Psikososial untuk Sulawesi Tengah

Jakarta– Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, dan PION Clinician melakukan program pendampingan psikososial dan pelatihan Psychological First Aid (PFA) untuk para teman-teman penyintas bencana gempa bumi di Palu, Donggala, dan Sigi. Kegiatan ini bertujuan untuk pemulihan dan pemberdayaan masyarakat jangka panjang.

“Hingga saat ini, masyarakat masih memiliki gejala traumatis, sebagian besar dari mereka juga kesulitan mencari pekerjaan. Oleh karena itu, melalui program pendampingan ini, kami ingin mewujudkan komitmen kami dalam penanggulangan bencana serta membantu pemulihan masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah,” ujar Arini S. Bachtiar, Head of Corporate Events and CSR, Allianz Indonesia di Jakarta, Selasa 12 Maret 2019.

Allianz melakukan program pendampingan berupa dukungan psikososial dan pelatihan pertolongan pertama psikologis kepada masyarakat di Palu, Donggala, dan Sigi, ini Sejak bulan Februari 2019.

“Kami memberikan pelatihan yang meliputi Pertolongan Pertama Psikologis, Teknik Relaksasi-Stabilisasi, dan Penerapan prinsip Theraplay dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Setelah pelatihan berjalan, pendampingan dan pemantauan dukungan akan terus dilakukan hingga 6 bulan ke depan,” ujar Astrid Wen, perwakilan PION Clinician.

Program Dukungan Psikososial ditujukan kepada posko-posko dan komunitas-komunitas, sedangkan Pelatihan Pertolongan Pertama Psikologis diberikan kepada karyawan Allianz dan para kader masyarakat yang tinggal di Sulawesi Tengah.

Dalam melakukan rangkaian kegiatan ini, Allianz Indonesia bekerjasama dengan tim ahli dari PION Clinician yang terdiri dari rekan-rekan psikolog dan pekerja klinis yang telah memiliki pengalaman memberikan dukungan psikologis di daerah bencana dan trauma di Indonesia dan telah melengkapi diri dengan berbagai keahlian spesifik.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.