Agus Martowardojo Terima Most Outstanding People 2018

Agus Martowardojo Terima Most Outstanding People 2018

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menerima penghargaan sebagai “Most Outstanding People 2018” dari Majalah Infobank di Gedung BI, Rabu, 23 Mei 2018.

Penghargaan diberikan berdasarkan penilaian Dewan Redaksi Majalah Infobank atas kiprah Agus Martowardojo selama 10 tahun terakhir di industri perbankan dan jasa keuangan.

“Kami menilai, selama menjadi bankir, Menteri Keuangan, dan Gubernur Bank Indonesia, Bapak Agus Martowardojo mampu memberikan kontribusi dan inspirasi bagi bangsa ini,” ujar Eko B. Supriyanto, Ketua Dewan Redaksi Majalah Infobank.

Agus dikenal sebagai bankir bertangan dingin. Jam terbangnya sebagai bankir profesional teruji ketika dia berhasil memimpin lima bank merger menjadi PermataBank pada 2003 dan memperbaiki kinerja Bank Mandiri saat mulai dipimpinnya pada 2005.

Karena kemampuan dan integritasnya, pemerintah mempercayainya menjadi Menteri Keuangan pada 2010 dan kemudian menugaskannya sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2013-2018.

Selama menjadi Menteri Keuangan, ia dikenal sangat disiplin menjaga keuangan negara dan tidak mudah berkompromi dengan unsur-unsur politik.

Dan selama menjadi Gubernur BI, Agus banyak melakukan reformasi di tubuh BI yang membuat Bank Central itu semakin berkarakter. Dia juga berhasil menjaga stabilitas moneter dan merealisasikan national payment gateway yang 11 tahun sebelumnya hanya tergambar di atas kertas.

Selain Agus Martowardojo, ada sembilan tokoh lain yang juga menerima penghargaan Most Outstanding People 2018. Mereka juga dinilai memberikan kontribusi dan inspirasi kepada bangsa ini sesuai bidangnya.

Kesembilan tokoh nasional tersebut adalah Joko Widodo (Presiden RI), Boediono (Wapres RI periode 2009 – 2014), Ahmad Syafii Maarif (cendekiawan muslim), TGH Muhammad Zainul Majdi (Gubernur NTB), Mayjen TNI Terawan Agus Putranto (Kepala RSPAD Gatot Subroto), Djohan Emir Setijoso (Preskom BCA), Maximus Tipagau (tokoh masyarakat Papua), Karni Ilyas (Pemred TVOne), dan Nadiem Makarim (Founder GO-JEK). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.