Ada Sentimen Yuan, Rupiah Diprediksi Bergerak Menguat Terhadap Dolar

Ada Sentimen Yuan, Rupiah Diprediksi Bergerak Menguat Terhadap Dolar

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini (9/8) diprediksi kembali teruskan penguatannya. Di mana pada perdagangan kemarin (8/8) laju rupiah mampu ditutup menguat sebesar 3 poin atau 0,02 persen ke level Rp14.439 per dolar AS.

Pada perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah dibuka menguat 6 poin atau 0,05 persen ke level Rp14.432 per dolar AS. Pergerakan dolar AS diperkirakan melemah di sekitaran level 95.0-95.10 terhadap hampir semua mata uang kuat dunia. Minimnya katalis terhadap dolar membuat mata uang AS melemah.

Baca juga: Depresiasi Rupiah Diprediksi Masih Berlanjut Hingga Akhir Tahun

Analis PT Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail dalam riset hariannya di Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018 mengatakan, mata uang Yuan yang menguat terhadap dolar AS membuat rupiah ikut terdongkrak naik. Yuan stabil di level 6.83/US$ pasca kebijakan bank sentral China People’s Bank of China (PBOC)

“Pasca kebijakan PBOC yang menaikan reserve requirement untuk perdagangan Yuan dan memperlemah spekulasi terhadap Yuan, membuat dolar minim katalis,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, bahwa dengan stabilnya mata uang Yuan dan melemahnya dollar indeks, diprediksi akan membuat mata uang garuda ikut terapresiasi diperdagangan hari ini. Nilai tukar rupiah kemungkinan akan menguat ke level Rp14.390-Rp 14.420 per dolar AS. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.