5 Hal Penting untuk Diskusikan dengan SDM Sebelum Bekerja

5 Hal Penting untuk Diskusikan dengan SDM Sebelum Bekerja

Jakarta – Banyak orang memiliki pola pikir bahwa pekerjaan sulit didapat, sehingga mereka harus mengambil apa pun yang ditawarkan kepada mereka. Ada kondisi dimana orang menjadi lebih menyukai jalur karir mereka, dan mereka tahu bahwa mereka layak mendapat lebih dari jumlah minimum. Namun ada juga kondisi dimana orang tidak puas dengan apa pun yang ditawarkan, dan mereka tahu bahwa mereka perlu mengajukan pertanyaan tertentu untuk memastikan mereka diperlakukan seperti karyawan yang berharga.

Jika Anda ditawari posisi baru, berikut adalah sembilan hal penting yang perlu dibicarakan dengan staf Sumber Daya Manusia (SDM) sebelum Anda menerima tawaran tersebut.

Pertama, tanyakan tentang benefit yang didapatkan

Penting untuk mengetahui apa saja yang termasuk dalam paket benefit (kesehatan). Jika benefitnya tidak menarik, ini mungkin bukan perusahaan yang tepat untuk Anda.

Kedua, tanyakan apakah gaji bisa dinegosiasikan

Sebagian besar perusahaan tidak akan mengatakan bahwa gaji dapat dinegosiasikan karena mereka ingin membayar seminimial mungkin. Ini adalah informasi yang perlu Anda gali. Karena, Anda tidak akan pernah tahu kecuali jika Anda bertanya, dan Anda mungkin akan terkejut dengan jawabannya. Dalam banyak kasus, jika calon memiliki kompetensi cukup, perusahaan akan bersedia untuk menegosiasikan gaji.

Ketiga, tanyakan tentang fasilitas lainnya

Saat ini, tidak cukup bagi perusahaan hanya menawarkan paket upah dan tunjangan yang kompetitif. Tunjangan lebih yang ditawarkan perusahaan, akan semakin menarik bagi pekerja. Jadi, Anda perlu mencari tahu fasilitas apa yang mungkin tersedia bagi Anda jika Anda memutuskan untuk menerima posisi yang ditawarkan. Beberapa tunjangan terbaik untuk ditanyakan adalah pelatihan peningkatan dan peluang promosi.

Keempat, tanyakan tentang waktu liburan

Sekarang mungkin tidak tampak seperti waktu yang paling tepat untuk bertanya tentang liburan, tapi ini perlu ditanyakan dan Anda perlu tahu sebelum Anda mengambil pekerjaan itu. Apakah Anda benar-benar bisa berlibur atau tidak sama sekali.

Beberapa perusahaan hanya membiarkan Anda mengambil cuti yang tidak dibayar, sementara yang lain menawarkan liburan dengan bayaran setelah Anda bekerja untuk mereka dalam jangka waktu tertentu.

Kelima, cari tahu apa yang dikatakan oleh karyawan lain

Anda bisa tahu banyak tentang sebuah perusahaan dengan mendengarkan apa yang dikatakan karyawan saat ini dan masa lalu. Jika ini adalah perusahaan yang baik untuk bekerja, orang SDM seharusnya tidak memiliki masalah untuk memberi tahu Anda apa yang dikatakan tentang perusahaan tersebut, dan bahkan menemukan orang-orang di dalam perusahaan yang dapat Anda ajak bicara.

Jika Anda mengetahui bahwa karyawan senang dalam pekerjaan mereka, kemungkinan besar Anda akan menjadi baik, dan ini adalah perusahaan yang Anda inginkan. Sebab, salah satu dari 15 tanda pekerjaan hebat adalah karyawan yang bahagia.(*)

 

2,100 total views, 35 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.