8 Emiten Pertanian Tumbuh Mengesankan

8 Emiten Pertanian Tumbuh Mengesankan

Sektor pertanian menjadi salah satu bagian penting bagi perekonomian. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, pada triwulan kedua tahun ini, kontribusi pertanian terhadap laju pertumbuhan domestic bruto (PDB) mencapai 13,63%. Kontribusi ini merupakan yang teratas kedua setelah indsutri pengolahan. Kontribusi yang besar itu jelas mempertegas posisi sector pertanian yang vital bagi negeri ini.

Sektor pertanian menggeliat antara lain juga didorong oleh menguatnya permintaan, yang digerakkan oleh membaiknya harga komoditas dan permintaan masyarakat akan gizi yang lebih baik. Kondisi itu kemudian berdampak positif bagi sejumlah perusahaan yang bergerak di sektor pertanian.

Dalam kajian Biro Riset Infobank (BirI) bertajuk “100 Growing Companies 2018”, setidaknya berdapat delapan perusahaan dengan pertumbuhan sangat mengesankan pada periode 2013 hingga 2017, lebih tinggi dibandingkan dengan kajian yang sama tahun sebelumnya yang hanya mendapati empat perusahaan. Artinya, beberapa perusahaan sektor pertanian kinerjanya meningkat tahun 2017.

Kedelapan perusahaan tersebut terbagi dalam dua subsektor, yakni satu perusahaan di subsektor tanaman pangan dan tujuh perusahaan di subsektor perkebunan. Siapa sajakah kedelapan perusahaan ini ? dan bagaimana kinerja keuangannya?

Simak Selengkapnya di Majalah Infobank No. 485 November 2018 atau klik Infobankstore.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.