7 Langkah Lindungi Jaringan Nirkabel Wi-Fi
Page 3

7 Langkah Lindungi Jaringan Nirkabel Wi-Fi

5. Lindungi dengan protokol enkripsi yang handal dan password yang kuat. Ini merupakan bagian yang paling penting. Pada langkah ke-3, Anda mengubah login Wi-Fi router, guna mengamankan pilihan router. Sekarang Anda akan memilih password untuk jaringan. Password tersebut yang akan Anda ketik ke PC, Mac, smartphone, tablet, atau perangkat digital lain untuk memberikan akses terhubung dengan internet Wi-Fi. Anda tentu tidak ingin tetangga atau orang asing yang lewat terhubung langsung ke Wi-Fi Anda. Disarankan untuk memilih enkripsi pribadi WPA2 sebagai password. Anda juga dapat menggunakan kata sandi, yang mungkin lebih mudah untuk diingat daripada password yang kompleks, tetapi juga harus sulit untuk diterobos.

6. Amankan semua jaringan Wi-Fi Anda. Jika router Anda mendukung guest network, maka silahkan saja untuk Anda buat jika berminat. Bisa Anda beri nama seperti “MyAwesomeNetwork – GUEST,” dan berikan password yang kuat serta enkripsi. Melalui cara ini, Anda tidak harus memberikan password kepada orang lain untuk terhubung ke jaringan pribadi Anda.

7. Amankan semua perangkat. Baik komputer, tablet, smartphone, kindle, atau perangkat digital lainnya, lindungi dengan password yang kuat. Jangan berikan password Anda kepada siapapun. Gunakan software keamanan (seperti Kaspersky Total Security) pada setiap perangkat dan pastikan seluruh software up to date. (*)

(Baca juga: Hindari Investasi Bodong, Ini Tips Penting dari OJK)

Related Posts

News Update

Top News