28 BUMN Sinergi Gelar Kegiatan CSR

28 BUMN Sinergi Gelar Kegiatan CSR

Jakarta – Pencapaian pertumbuhan ekonomi selama lima tahun terakhir tak terlepas dari peran perusahaan BUMN di bawah koordinasi Kementerian BUMN. Komitmen 118 BUMN untuk menjadikan Indonesia maju, diperkuat melalui sinergi BUMN salah satunya dengan menggelar kegiatan sosial atau Corporate Social Responsibilty (CSR).

Menjelang pertengahan tahun ini, sebanyak 28 perusahaan pelat merah selama periode Februari-April 2017 akan menggelar kegiatan CSR bersama di Yogyakarta. Pada acara Hut Bersama yang akan digelar pda 21-22 April mendatang akan mengangkat tema “Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri, Menuju Indonesia Digdaya”. Tema tersebut menegaskan bahwa dengan melakukan sinergi Indonesia bisa menjadi negara yang tak terkalahkan.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno menilai, ambisi menjadi negara yang digdaya bisa terwujud karena Indonesia memiliki potensi besar dengan mengelaborasi kekayaan alam dan sumber daya manusia. Potensi besar ini, harus dimanfaatkan oleh BUMN dengan memberikan dukungan untuk menggarap dan merealisasikan potensi di berbagai sektor bisnis di Indonesia tersebut.

“Namun diperlukan kesatuan visi dan misi BUMN, untuk itu kami terus membangun Semangat BUMN Hadir Untuk Negeri untuk merealisasikan visi dan misi tersebut,” ujar Rini dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu, 19 April 2017.

Dia mengatakan, kegiatan CSR bersama di Yogyakarta ini, setidaknya ada 28 BUMN yang akan memberikan bantuan CSR di berbagai bidang. Bantuan yang cukup strategis antara lain pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Hal ini merupakan bagian dari target pembangunan 100 Balkondes yang akan diwujudkan perusahaan BUMN pada tahun ini.

“Balkondes merupakan etalase perekonomian di daerah, ruang untuk menggali dan mengembangkan potensi ekonomi yang ada,” ucap Rini.

Selain Balkondes, sejumlah bantuan baik bantuan sosial ataupun pembangunan fisik juga akan segera dinikmati masyarakat di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Di antaranya, renovasi rumah ibadah, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, bantuan alat kesehatan hingga perbaikan jalan dan drainase, serta bantuan di sektor pertanian.

“Karena sejak awal, maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak hanya untuk mengejar keuntungan, melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat,” tegasnya.

Adapun, sebanyak 28 perusahaan BUMN yang terlibat dalam kegiatan CSR bersama ini merupakan entitas milik pemerintah yang berulang tahun pada periode Februari-April 2017. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Perum Jasa Tirta 1, PT Angkasa Pura I (Persero), PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT Bukit Asam (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), PT Indah Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Kawasan Industri Makassar (Persero), dan PT Nindya Karya (Persero).

Selain itu, BUMN yang juga ikut berulang tahun pada periode tersebut adalah Perum Perhutani, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Yodya Karya (Persero), PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), PT Istaka Karya (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pindad (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Taspen (Persero). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.