2021, Menkominfo Luncurkan Satelit HTS
Page 2

2021, Menkominfo Luncurkan Satelit HTS

Rudiantara menjelaskan, skema pembiayaan pada satelit baru yang diluncurkan akan memakai skema pembiayaan Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), seperti yang diterapkan pada Palapa Ring, namun masih harus menunggu proses tender yang dilakukan tahun ini.

Ia menjelaskan, akan memulai tender satelit HTS pada semester kedua tahun ini, sedangkan penetapan pemenangnya akan dilakukan pada pertengahan 2018. Ia menambahkan, dengan perhitungan diumumkannya penenang tender pada pertengahan 2018, diharapkan satelit ini dapat meluncur sesuai jadwal pada 2021 karena proses pembuatan satelit membutuhkan waktu 30 bulan.

Baca juga: Rudiantara Imbau Perbankan Tingkatkan Teknologi Digital

Rudiantara memperkirakan, biaya yang dibutuhkan satelit HTS akan lebih besar ketimbang satelit komunikasi. “Sebagai perbandingan, apabila satelit komunikasi biasa memiliki harga sekitar USD300 juta, HTS diperkirakan mencapai USD400 juta sampai USD500 juta,” ujar Rudiantara.

Rudiantara berharap, dengan diluncurkannya satelit HTS tersebut akan dapat mendukung jaringan telekomunikasi di daerah-daerah terpencil di nusantara. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News