126 Kantor Kas BCA Juga Terimbas Gangguan Satelit

126 Kantor Kas BCA Juga Terimbas Gangguan Satelit

Jakarta–Dampak dari gangguan sistem pemancar Satelit Telkom 1 ternyata tidak hanya dialami oleh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) namun juga berdampak pada kantor kas perbankan, salah satunya yang dialami oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Tercatat sejak Sabtu 21 Agustus 2017 terdapat sekitar 126 kantor kas BCA tidak berfungsi akibat dari gangguan satelit milik Telkom tersebut.

“Gangguan ini bukan menyangkut ATM saja namun ada 126 kantor kas kena. Karena kantor kas ini sambung ke satelit,” ungkap Direktur Utama BCA, Jahja Setiaatmadja di Menara BCA, Jakarta, Senin, 28 Juli 2017.

Dirinya juga mengatakan, sejak Sabtu malam pihaknya telah melakukan beberapa langkah perbaikan pemindahan sinyal ke Satelit Telkom 3S dan Satelit Apstar 5.

Baca juga: BCA Siap Ganti Biaya Transaksi Akibat Gangguan ATM

“Sejak Sabtu Minggu dan pagi ini terus berkerja me-redirect ke satelit lain dan sampai tadi pagi 121 bisa operasional normal dan 5 ini bisa selesaikan. Kita mendahulukan kantor kas,” jelas Jahja.

Dirinya juga optimis untuk penanganan lima kantor kas yang belum beroperasi ini pihaknya dapat segera menyelesaikan pada satu hingga dua hari ke depan.

Sementara untuk jaringan ATM perseroan, terdapat 5.700 unit ATM yang terpaksa offline akibat gangguan atau anomali dari Satelit Telkom 1 milik PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.