11 BPD Siap Ikut Program Laku Pandai

11 BPD Siap Ikut Program Laku Pandai

Balikpapan–Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK, Heru Kristiana mengungkapkan, Bank Pembangunan Daerah (BPD) kini mulai terlihat berlomba-lomba untuk bertranformasi menjadi lebih kuat secara kelembagaan.

Kondisi itu diharapkan dapat mendorong BPD lebih kompetitif dan berkontributif untuk daerahnya masing-masing.

Tranformasi itu sendiri terlihat dari mulai banyaknya BPD yang telah bersiap-siap masuk Program Laku Pandai atau program layanan keuangan tanpa kantor.

“Kita melihat dalam waktu dekat ada 11 BPD yang sudah siap untuk melakukan Laku Pandai. Salah satunya BPD Kaltim,” kata Heru di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Kalimantan Timur, tadi malam.

Bahkan Heru menyebutkan, hingga kini sudah ada beberapa BPD yang mulai membangun sistem IT dengan sangat baik. Hal ini sejalan dengan rencana sinergi seluruh BPD agar bisa terhubung menjadi satu.

Upaya itu dilakukan BPD dengan membangun transformasi di bidang teknologi informasi seperti BPD Net.

Dengan demikian, kedepan diharapkan peran BPD benar-benar dapat menjadi ujung tombak pelayanan masyarakat di setiap daerah bahkan sampai ke setiap pelosok.

“Tentu untuk itu perlu adanya kesiapan dari sisi IT dan kesiapan bagaimana BPD dapat memitigasi setiap resiko serta agen,” jelasnya.

Sekedar informasi, saat ini sendiri baru ada 4 bank nasional yang telah menjalankan program Laku Pandai. Sementara untuk BPD, baru BPD Kaltim yang mulai berani masuk ke program ini. (*) Dwitya Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.