Tiga Tahun Kinerja Top, BNI Raih Apresiasi The Finance

Tiga Tahun Kinerja Top, BNI Raih Apresiasi The Finance

Jakarta – Bank Negara Indonesia (BNI) berhasil menjadi salah satu dari 20 bank umum yang berhasil meraih penghargaan “Top 20 Financial Institution 2018” dari The Finance.

Bahkan, di kelompok BUKU 4 atau kelompok bank dengan modal inti di atas Rp30 triliun, BNI berhasil duduk di posisi runner up dengan total skor 93,77%.

Bank yang dipimpin oleh Achmad Baiquni itu berhasil mengolek nilai terbesar dari komponen pertumbuhan, yakni pertumbuhan modal inti, kredit, DPK, dan laba. Total nilai mencapai 14,52% atau tertinggi di kelompok BUKU 4.

Komponen lain yang memberikan kontribusi besar pada total nilai yang diraih BNI adalah peringkat komposit profil manajemen risiko, GCG, kualitas kredit.

BNI juga berhasil menjaga rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi, sehingga mendapat skor tinggi. Komponen-komponen inilah yang membuat BNI berhasil meraih apresiasi dari The Finance.

Selain ke perbankan, The Finance juga memberikan kepada 79 perusahaan jasa keuangan lainnya, dengan rincian 20 bank, 20 asuransi umum, 19 asuransi jiwa, dan 20 mulifinance.

Penghargaan yang dikemas dalam acara “Executive Lunch & Awarding” itu diberikan oleh digital magazine The Finance di Hotel Borobudur, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penilaian dilakukan oleh The Finance Institute terhadap perusahaan jasa keuangan beraset dan bermodal besar serta berkinerja excellence dengan mendasarkan pada hasil rating laporan keuangan publikasi tiga tahun (2015-2017/2018).

Hadir dalam pemberian penghargaan Mardiasmo, Wakil Menteri Keuangan RI, dan Brigjen Pol Drs Bambang Giri, S.E., Kepala Pusat Keuangan (Kapuskeu) Polri, sebagai keynote speaker.

“Pemberian penghargaan bertujuan untuk mendorong kinerja dan pertumbuhan industri jasa keuangan nasional,” ujar Eko B. Supriyanto, Editor in Chief The Finance, dalam kata sambutannya.

Ini dia 20 bank yang berhasil meraih apresiasi dari The Finance:

I. Bank BUKU 4 (Modal Inti di Atas Rp30 Triliun), ada 7 bank:
1. Bank Mandiri
2. BNI
3. BRI
4. BCA
5. Bank CIMB Niaga
6. PermataBank
7. Bank Danamon Indonesia

II. Bank BUKU 3 (Modal Inti di Atas Rp5 Triliun sampai dengan di bawah Rp30 Triliun), ada 13 bank:
1. Bank OCBC NISP
2. Bank Jateng
3. Bank Mega
4. BTN
5. Bank HSBC Indonesia
6. Bank BJB
7. Bank Mizuho Indonesia
8. Bank Syariah Mandiri
9. Bank Jatim
10. BTPN
11. Bank Sumitomo Mitsui Indonesia
12. Bank Maybank indonesia
13. Bank Mayapada. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.